FAQ

  1. Sejak umur berapa anak menggunakan pasta gigi
    Pada prinsipnya pasta gigi diperlukan untuk anak yang sudah memiliki gigi untuk membantu proses pembersihan giginya. Sesuai dengan masa pertumbuhan gigi anak, gigi susu pertama muncul rata-rata pada usia ± 6 bulan dan akan lengkap tumbuh pada usia 2 tahun.. Membersihkan gigi dengan menggunakan pasta gigi dapat mulai diajarkan sejak gigi pertama muncul tentunya dengan bantuan dan pengawasan dari orang dewasa.Pasta gigi yang digunakan sebaiknya memakai pasta gigi yang dibuat khusus untuk anak-anak.
  2. Apa bedanya baby cream dan baby lotion
    • Pada dasarnya Baby Lotion dan Baby Cream sama-sama berfungsi melembabkan kulit. Bedanya, secara tekstur Baby Lotion lebih encer dari Baby Cream sehingga dapat lebih cepat menyerap ke kulit. Baby Lotion lebih encer karena mengandung jumlah air yang lebih banyak dibanding kandungan minyaknya. Oleh karena itu, saat Lotion dipakai di kulit, terasa lebih nyaman dan juga lebih mudah dicuci (hilang saat terkena air), namun daya bertahannya pada kulit lebih singkat. Oleh karena itu, Baby Lotion lebih cocok sebagai pelembab kulit sehari-hari. Sedangkan Baby Cream memiliki tekstur yang lebih kental sehingga dapat melindungi kulit dari kekeringan dengan lebih baik. Baby Cream memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi dibanding Baby Lotion, sehingga dapat bertahan lebih lama pada kulit.
    • Secara komposisi keduanya memiliki fungsi melembabkan dan menyehatkan kulit. Pada Zwitsal Baby Lotion, kandungan Jojoba Oil-nya lebih banyak daripada Baby Cream, sedangkan pada Zwitsal Baby Cream, kandungannya lebih lengkap karena juga mengandung vitamin E dan vitamin A yang berfungsi sebagai pelindung kulit, antioksidan, dan menghaluskan kulit.
  3. Apakah boleh bayi mandi malam-malam? Atau jam berapa baiknya bayi mandi (pagi&sore)?
    Bayi sebaiknya mandi pagi jam 6- 7 pagi dan mandi sore jam 4-5 sore. Sedangkan untuk anak yang lebih besar (1-2tahun), sebaiknya mandi pagi tidak terlalu pagi (kira-kira pukul 8 pagi) dan mandi sore tidak terlalu sore (sekitar pukul 4 sore). Untuk mengurangi perubahan suhu mendadak.
  4. Apakah baby cream bisa digunakan untuk di muka bayi?
    Ya, zwitsal baby cream dapat juga digunakan untuk di muka bayi. Dan dapat juga digunakan untuk mengurangi iritasi ringan di daerah wajah bayi. Tapi jauhi daerah mulut dan mata bayi.
  5. Apa yang dimaksud dengan Tested-Hypoallergenic?
    • Hypo-Allergenic berarti "meminimalisasi munculnya alergi". Adanya istilah Hypo-Allergenic pada produk perawatan bayi berarti produk itu menggunakan seminimal mungkin bahan baku yang bisa menimbulkan reaksi alergi.
    • Penggunaan produk Hypo-Allergenic tidak berarti 100% bebas dari resiko alergi, namun reaksi yang terjadi akibat beberapa bahan baku pada kulit bayi yang sangat sensitif dapat dibatasi hingga level minimum. Untuk perawatan kulit bayi sehari-hari, dianjurkan untuk menggunakan produk hypo-allergenic. Karena pada usia awal si Kecil, kulitnya masih sensitif sehingga memerlukan perhatian dan penggunaan produk yang pas sesuai kebutuhan. Untuk menjamin kelembutannya, semua produk Zwitsal telah teruji Hypo-Allergenic, sehingga aman dipakai untuk kulit bayi yang sensitif.
  6. Kemana kalaui saya ingin mengontak Zwitsal?

    Suara Konsumen Unilever
    Phone: 0-800-155-8000 atau +62 21 529 952 99
    Fax. : +62 21 525 2602
    Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  7. Product apa saja yang cocok untuk bayi baru lahir?
    Semua product Zwitsal aman untuk digunakan pada bayi baru lahir/newborn karena semua produk Zwitsal sudah teruji hypo-allergenic. Untuk mandi, Zwitsal menyarankan Baby Bath 2-in-1 Hair & Body karena praktis dan higienis, juga formulanya lembut untuk kulit bayi (ph balance) dan terbuat dari bahan alami. Untuk pijat, Baby Oil juga salah satu produk yang diperlukan sejak bayi baru lahir. Kemudian ada juga Baby wipes yang sangat praktis untuk membersihkan newborn ketika dia buang air besar ataupun kecil, dan baby cream untuk mencegah ruam.
  8. Dimana beli Zwitsal? Soalnya di daerah saya susah cari productnya
    Untuk jawaban yang lebih spesifik.
  9. Apa yang membedakan kulit bayi dengan kulit orang dewasa?
    1. Kulit bayi memiliki Stratum Corneum yang lebih tipis dan subcutis yang belum matang, tetapi ketebalan epidermis mungkin mirip.
    2. Kulit bayi kurang memiliki elastin dan hemidesmosomes, sehingga membuat epidermis dan dermis sedikit lebih ketat dan membuat kulit lebih permeabel
    3. Pembuluh darah subkutan di kulit bayi tidak melebar / menyempit seefisien pada orang dewasa —kesulitan dalam pengaturan suhu dan masalah lainnya, bisa memiliki respon iritasi yang berbeda.
    4. Kulit bayi memiliki immature barrier dan lebih kering dibandingkan kulit orang dewasa
    5. Kulit bayi memiliki fibroblas yang lebih aktif mempromosikan pertumbuhan cepat dan penyembuhan
    6. Bayi memiliki fungsi kekebalan tubuh yang belum sempurna sampai 3 bulan—kulit tidak memiliki reaksi terhadap alergen sampai saat itu. Oleh karena itu bayi membutuhkan produk yang khusu untuk bayi.
  10. Apakah ruam popok?
    Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi di daerah pantat. Kondisi ini terjadi karena bakteri dan amonia pada tinja dan air seni bayi. Kedua zat ini bisa melukai dan mengiritasi kulit bayi.
    Kenali Apa itu Ruam Popok di Kulit Bayi
  11. Mengapa ruam popok bisa terjadi?
    • gesekan kulit dan popok
    • kurangnya kebersihan di area tertutup popok, seperti telat mengganti popok atau telat membersihkan area pantat.
    Kenali Apa itu Ruam Popok di Kulit Bayi
  12. Bagaimana cara menanggulangi ruam popok?
    Antisipasi : menjaga kebersihan kulit bayi yang tertutup popok dan menggunakan krim yang mengandung Zinc untuk melindungi kulit
    • Oleskan salep kulit secara tipis
    • Oleskan krim tiap kali popok diganti
    • Cuci dan keringkan pantat si Kecil dengan baik
    Tips Perawatan Bayi, Mencegah Ruam Popok
  13. Apakah biang keringat?
    Kelainan kulit yang umum terjadi pada anak dan biasanya muncul pada bagian yang berkeringat, seperti leher, tengkuk, dahi, dada, punggung dan bagian tubuh lain yang tertutup pakaian. Dalam istilah medis disebut Miliaria.
    Apakah Biang Keringat
  14. Apakah kerak kepala?
    Kondisi kulit kepala bayi dengan ciri-ciri bersisik-sisik tebal berminyak berwarna kuning di dahi dan bagian atas kepala bayi. Kerak kepala ini muncul akibat masih adanya kandungan hormon dari bunda dalam tubuh bayi. Untungnya, kerak kepala ini hanya bersifat sementara, yang akan hilang dengan sendirinya seiring berkurangnya kadar hormon ibu dalam tubuh bayi. Gangguan kulit ini mungkin akan berlangsung sampai bayi berusia 8 – 12 bulan.
  15. Bagaimana cara mengatasi kerak kepala?
    • mengolesi baby oil sehingga kerak kepala melunak, kemudian bersihkan dengan lembut, dan sisir rambut si Kecil sehingga terangkat
    • jangan lupa cuci rambut si Kecil dengan shampoo yang lebut dan washlap dengan air hangat
  16. Apakah Pasta Gigi Bayi Zwitsal aman bila tertelan?
    Ya.
  17. Apakah Baby Shampoo boleh digunakan sejak bayi baru lahir?
    Ya. Dan karena Zwitsal Shampoo sudah teruji hypo-allergenic dan terbukti aman, maka bisa langsung digunakan sejak bayi baru lahir.
  18. Apa perbedaan Zwitsal Baby Skin Guard Lotion (selanjutnya disingkat Zwitsal SGL) dengan produk anti nyamuk lainnya?
    Bedanya adalah Zwitsal SGL bukan produk insektisida dengan bahan kimia, tetapi lotion yang mengandung Citronella, bahan alami pengusir nyamuk. Sehingga aman untuk bayi, anak-anak maupun dewasa. Produk lain kurang aman untuk bayi/balita karena menggunakan bahan kimia (DEET) sebagai pengusir nyamuk
  19. Apakah keampuhan Zwitsal SGL dalam mengusir nyamuk telah diuji secara ilmiah?
    Zwitsal SGL telah diuji efektif mencegah gigitan nyamuk Culex Q dan nyamuk demam berdarah (Aedes Aegypty) selama 4 jam. Maka sebaiknya dioleskan kembali setiap 4 jam agar kulit tetap terlindung dari gigitan nyamuk
  20. Apakah produk ini hanya untuk bayi? Bila tidak, sampai umur berapa produk ini efektif digunakan?
    Produk ini sangat baik untuk bayi, balita maupun orang dewasa. Disarankan digunakan untuk bayi berusia 8 bulan ke atas
  21. Apakah wangi minyak sereh yang hanya tercium sebentar dan berganti dengan wangi bayi merupakan indikasi produk ini tidak efektif lagi melindungi dari gigitan nyamuk?
    Wangi minyak sereh (Citronella Oil) memang akan berubah menjadi wangi khas Zwitsal. Tapi jangan khawatir, karena bahan aktif Citronella-nya akan menempel dan terserap ke kulit, dan mampu melindungi dari gigitan nyamuk selama 4 jam
  22. Berkurangkah efektifitas perlindungan Zwitsal SGL jika digunakan bersamaan dengan produk lain (misal: kombinasi dengan bedak bayi, dll?)
    Walaupun digunakan bersamaan dengan produk lain, Zwitsal SGL tetap ampuh melindungi kulit dari gigitan nyamuk. Oleskan Zwitsal SGL sebelum menggunakan produk lain, agar bahan aktif Citronella Oil-nya menempel dahulu di kulit
  23. Apakah Zwitsal SGL aman untuk kulit bayi yang sensitif? Bisakah dipakai di wajah?
    Ya. produk ini formulanya hypo-allergenic dan telah diuji secara klinis, aman untuk kulit bayi yang sensitif, meskipun digunakan rutin setiap 4 jam. Jangan gunakan pada kulit yang mengalami luka terbuka.