Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Tidak Perlu Takut Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Tidak Perlu Takut Memandikan Bayi yang Baru Lahir
Oct 25 2013

Bagi sebagian besar Bunda, memandikan bayi yang baru lahir bisa jadi pengalaman yang menegangkan. Bunda harus memegang sambil menyabuni tubuhnya yang mungil dan licin. Aktivitas ini tentu membutuhkan latihan dan perasaan yang tenang.

Kabar baiknya, untuk Bunda yang masih takut memandikan si kecil, Bunda tidak perlu terlalu sering memandikannya. Selama tali pusar belum lepas, si kecil cukup dilap dengan air hangat agar tali pusarnya tetap kering sehingga lebih cepat lepas. Kemudian, pada minggu-minggu pertama, si kecil cukup mandi 1 kali dalam sehari karena ia belum berkeringat.

Nah, untuk memudahkan Bunda memandikan si kecil, pilih bak mandi khusus bayi berukuran kecil. Isi bak mandi tersebut dengan air hangat hingga 6-8 cm air. Kemudian, cukup mandikan si kecil antara 3-5 menit dan usap bayi secara perlahan dengan spons yang sangat lembut. Jangan lupa pula bersihkan kulit kepala, lipatan-lipatan di kulit paha, leher, belakang telinga serta ketiak secara perlahan. Bunda bisa meminta bantuan atau arahan dari orang yang lebih berpengalaman jika masih ragu, misalnya ibu atau kakak.

Setelah beberapa kali praktek memandikan si kecil sendiri, Bunda pasti akan lebih percaya diri dan bahkan menikmati waktu memandikannya. Rutinitas memandikan si kecil bisa makin mendekatkan Bunda dengan si kecil serta menjadi sarana melatih komunikasi lho. Misalnya, Bunda bisa memandikannya sambil mengajaknya bicara, bercerita, bercanda atau bahkan bernyanyi.

Stimulus yang Bunda berikan tersebut berpadu dengan stimulus lain saat mandi akan sangat bermanfaat untuk si kecil. Misalnya air dalam bak mandi si kecil akan menciptakan perasaan dan suasana ayunan air seperti dalam kandungan. Kondisi  ini bermanfaat untuk mempertahankan sensitifitas sistem vestibular (kemampuan keseimbangan pada berbagai landasan bertumpu) si kecil agar tetap aktif. Di samping itu, terjadinya perubahan suhu di luar dan di dalam tubuh si kecil saat mandi akan merangsang sensifitas pembuluh darah kapiler (bagian ujung saraf di permukaan kulit). Begitu besar ya manfaat dari memandikan bayi Bunda sendiri?

Nah, agar Bunda bisa lebih tahu banyak mengenai manfaat mandi bagi si kecil, berkunjung saja ke http://www.zwitsal.co.id/baby-spa. Selain manfaat, Bunda juga bisa mempelajari cara terbaik memberikan stimulasi bagi si kecil dengan rangkaian Zwitsal Baby Spa.

Sumber:

Panduan Praktis Zwitsal Baby Spa

http://www.mayoclinic.com/health/healthy-baby/PR00041