Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Tahu Lebih Banyak Tentang Pertumbuhan Rambut Bayi

Tahu Lebih Banyak Tentang Pertumbuhan Rambut Bayi
May 01 2013

Kondisi rambut bayi saat lahir memang berbeda-beda. Ada bayi yang lahir dengan rambut tebal dan hitam, tapi ada bayi yang lahir dengan rambut tipis, atau bahkan dalam keadaan botak. Rambut pada bayi yang baru lahir ini sifatnya tidak permanen dan akan rontok pada waktu 1-3 bulan setelah kelahirannya. Itulah sebabnya Bunda tidak perlu khawatir kalau rambut si kecil mengalami kerontokan. Bila kerontokan yang terjadi tidak lebih dari 100 helai per hari, masalah rambut rontok masih dianggap sebagai hal yang normal dan tidak dipengaruhi atau memengaruhi tumbuh kembang bayi.

Lalu kapankah rambut bayi yang lebih permanen mulai tumbuh? Pada dasarnya masa pertumbuhan rambut bervariasi pada setiap bayi. Yang pasti, rata-rata kecepatan tumbuh rambut adalah sekitar 0,3 mm per hari. Hal ini berlaku pada bayi yang sehat dan mendapatkan gizi cukup, terutama karena gizi seperti vitamin B kompleks, vitamin C, serta protein sangat penting untuk mencegah rambut rontok, serta menjaga kekuatan dan kesehatan rambut. Untuk bayi yang belum berumur 6 bulan, asupan gizi dari ASI sangat dianjurkan, karena ASI sangat kaya akan kandungan gizi dan sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang bayi.

Tapi, bagaimana kalau setelah berumur sekian bulan, si kecil tetap botak karena rambutnya belum juga tumbuh? Kebotakan pada bayi atau kondisi di mana rambut bayi tidak tumbuh sama sekali sangat jarang ditemukan pada anak. Karena itu, bila hal ini terjadi pada bayi Bunda, ada baiknya Bunda berkonsultasi pada dokter. Tapi sebagai informasi, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini, yaitu:

  1. Jamur atau Tinea Kapitis
    Hal ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Untuk memastikan masalah ini sebagai penyebabnya, dokter akan meminta pemeriksaan dengan kalium hidroksida dan kultur jamur.
  2. Masalah Autoimun
    Masalah autoimun pada bayi menyebabkan sistem imun bayi menyerang folikel atau pabrik rambut di pori-pori kulit kepala.
  3. Telogen Efluvium
    Telogen efluvium adalah penipisan rambut secara merata. Bila terjadi pada bayi, penyebabnya biasanya adalah stres seperti kejang atau pembiusan umum.

Masalah-masalah di atas tidak bisa Bunda tangani sendiri dan memerlukan konsultasi dokter, agar penyebab kebotakan segera ditemukan dan untuk memastikan hubungannya dengan proses tumbuh kembang bayi lebih lanjut.

Sumber:

http://www.tabloidnova.com/Nova/Kecantikan/Rambut/Ingin-Rambut-Si-Kecil-Indah

http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tanya+-+Jawab/rambut.bayi.tidak.tumbuh/001/006/312/20/1

http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/jika.rambut.anak.telat.tumbuh/001/001/2115/8/1