Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun 8 Bulan

Tumbuh kembang anak

Dalam mengoptimalkan perkembangan anak usia 5 tahun, kemampuan berhitung bisa Bunda ajarkan pada Si Kecil sejak dini, sama seperti kemampuan membaca dan menulis. Tapi, cara belajar yang efektif dan menyenangkan tentu adalah sambil bermain. Jadikan berhitung sebagai bagian dari kegiatannya sehari-hari, misalnya menghitung piring dan gelas yang harus disiapkan sebelum makan bersama keluarga, atau menghitung pensil yang dibawanya ke sekolah. Bunda juga bisa mengajak Si Kecil membuat kue sambil menghitung takaran tepung, telur, dan bahan lainnya. Membaca buku sambil berhitung juga bisa jadi pilihan cara belajar yang menyenangkan.

Kesehatan anak

Seperti tinggi badan, berat badan merupakan salah satu faktor yang diperhatikan dalam tumbuh kembang anak. Seorang anak yang sehat memiliki berat badan yang sesuai dengan usia dan tinggi badannya sehingga ia tidak terlalu kurus ataupun kegemukan. Untuk mengecek apakah Si Kecil memiliki berat badan yang sehat, Bunda bisa menggunakan kalkulator BMI (Body Mass Index) yang bisa Bunda dapatkan di buku atau internet. Bila berat badan Si Kecil berada di atas persentil 85, maka ia mengalami kelebihan berat badan. Sebaliknya, bila perhitungan berada di bawah persentil 5, maka Si Kecil terlalu kurus. Baik terlalu kurus maupun kegemukan dapat mengganggu tumbuh kembang anak dan membahayakan kesehatannya.

Tips

Pola makan sehat kaya nutrisi berperan penting untuk menjaga berat badan sehat Si Kecil. Jadi, perhatikan hal berikut saat memilih hidangan untuknya, ya:

  • Gunakan lebih banyak bahan makanan segar seperti sayur, buah, gandum, serta kacang-kacangan.
  • Saat menggunakan produk diary seperti susu, keju, atau yoghurt, pilih produk yang rendah lemak atau tanpa lemak.
  • Gunakan sumber protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, dan kacang-kacangan.
  • Jaga porsi makan agar tidak berlebihan.
  • Baca dengan baik label komposisi pada setiap produk yang Bunda beli dalam kemasan sehingga dapat terhindar dari makanan dan minuman dengan pemanis tambahan atau buatan, MSG, serta bahan makanan kaya gula dan lemak jenuh.

Lengkapi pola makan sehat dengan kebiasaan berolahraga secara rutin untuk penerapan gaya hidup sehat yang bermanfaat. Masalah obesitas maupun kurang gizi pada anak pun bisa Bunda cegah sehingga risiko penyakit berbahaya juga semakin berkurang.

 

Sumber:

getreadytoread.org/early-learning-childhood-basics/early-math/understanding-numbers-and-counting-skills-in-preschoolers

kidshealth.org/parent/general/body/overweight_obesity.html

cdc.gov/healthyweight/children/

Published on: Oct 02 2015