Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Pentingnya Stimulasi Bayi sejak Dini

Pentingnya Stimulasi Bayi Sejak Dini
Oct 11 2013

Tidak semua ibu muda yang baru melahirkan mengerti bagaimana cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan bayinya. Padahal komunikasi dan interaksi yang dijalin sejak dini penting untuk stimulasi bayi demi tumbuh kembang dan kecerdasannya. Komunikasi dan interaksi yang baik juga penting untuk memperkuat bonding (ikatan) antara Bunda dan si kecil.

Komunikasi dan interaksi pertama antara Bunda dan si kecil umumnya dilakukan melalui kontak kulit dan kontak mata. Ketika si kecil baru lahir, biasanya ia akan diletakkan di perut Bunda sehingga terjadi interaksi skin to skin. Kontak kulit sangat penting karena merupakan langkah awal Bunda dan si kecil mengenal satu sama lain dalam beberapa hari pertamanya di dunia. Melalui kontak kulit, si kecil pun bisa mengingat dan mengenali aroma Bunda, dan membedakannya dengan aroma orang lain atau benda lain di lingkungannya. Hal ini bahkan termasuk dalam stimulasi yang diberikan Bunda untuk indra penciuman bayi.

Selanjutnya, Bunda bisa memperbanyak kontak kulit saat telanjang dada ketika akan tidur dan memeluk si kecil yang juga telanjang di dada Bunda. Bunda dan si kecil bisa membungkus diri dengan satu selimut jika dingin. Menyusui sampai si kecil berusia 2 tahun juga akan menjaga kontak kulit yang baik antara Bunda dan si kecil. Seiring waktu dan bulan, kontak kulit akan mempengaruhi kesehatan psikologis si kecil sepanjang hidupnya.

Sementara untuk kontak mata, selalu tatap mata si kecil dengan hangat saat menyusui, memandikan, memijat, dan merawatnya. Dengan begitu, si kecil akan mengenali bundanya dengan penuh cinta. Setelahnya, Bunda bisa mengembangkan komunikasi dan interaksi terhadap si kecil dengan mengobrol dan bernyanyi sambil melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Kegiatan memandikan, memijat, dan merawat si kecil yang dibarengi dengan mengobrol, bernyanyi, dan saling bertatapan akan sangat bermanfaat sebagai stimulasi bayi. Seluruh indra dan sarafnya akan terangsang sehingga mendukung proses belajar dan menjadi gerbang bagi si kecil untuk mengembangkan kecerdasannya.

Nah, metode memandikan, memijat, dan merawat si kecil untuk memberikan manfaat stimulasi bayi kini terangkum dalam Zwitsal Baby Spa. Zwitsal Baby Spa terdiri dari Pijat Sehat, Mandi Ceria, Sentuhan Hangat dan Segar, dan Harum Terawat. Bunda bisa melakukannya sendiri di rumah setiap hari untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Ketahui lebih banyak tentang Zwitsal Baby Spa di sini ya, Bunda!

Sumber:
www.essentialbaby.com.au