Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Mengembangkan Kecerdasan Majemuk si Kecil

Mengembangkan Kecerdasan Majemuk si Kecil
Oct 10 2013

Tolak ukur kecerdasan anak yang paling banyak dikenal orang adalah tes IQ. Tapi, sebenarnya kecerdasan anak tidak hanya diukur dari kemampuannya memahami dan menyelesaikan soal logika dan matematika yang dinilai melalui skor IQ saja. Kecerdasan majemuk anak juga perlu menjadi perhatian.

Kecerdasan majemuk, atau sering disebut sebagai Multiple Intelligence, merupakan kecerdasan anak yang diukur dari bagaimana seorang anak dapat menyelesaikan masalah dalam hidup, mencari solusi dalam hidup, atau bagaimana anak memberikan penghargaan atas sesuatu sesuai dengan tahap perkembangan bayi. Lalu apa saja sih yang termasuk dalam kecerdasan majemuk? Bagaimana cara mengembangkannya? Mungkin penjelasan berikut ini dapat membantu Bunda untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  1. Kecerdasan musikal
  2. Kecerdasan ini ditunjukkan dari bagaimana seorang anak dapat mengingat dan menghapal lagu. Cara mengembangkannya sederhana, yakni biarkanlah anak Bunda mendengarkan lagu sejak bayi agar mereka terbiasa dengan musik.

  3. Kecerdasan Intrapersonal
  4. Ditunjukkan dengan kemampuan untuk bertahan, tidak minder, dan tidak mudah menyerah. Untuk mengembangkan jenis kecerdasan majemuk yang satu ini, biasakan anak Bunda untuk berada di dalam kelompok seusianya agar ia menjadi lebih percaya diri.

  5. Kecerdasan interpersonal (sosial)
  6. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan anak beradaptasi, bekerjasama, dan bersosialisasi dengan lingkungan teman sebaya dan orang di sekitarnya. Cara melatihnya adalah dengan memberi kesempatan si kecil sering ditemani untuk bergaul bersama teman-teman sebaya, bermain dan berkomunikasi dengan anak-anak seusianya.

  7. Kecerdasan visual spasial
  8. Kecerdasan visual spasial ditunjukkan dengan kemampuan anak dalam memahami pandang ruang. Cara melatihnya adalah selalu menyebutkan lokasi ruang (di atas, di bawah, di samping, dsb), serta ajarkan si kecil melipat, menggunting, membalik dan menggambar.

  9. Kecerdasan natural (alam)
  10. Kenalkan anak Bunda dengan alam, misalnya dengan hewan, tumbuhan, pemandangan, dan lainnya agar sang anak terbiasa dengan hal itu. Cara mudah yang bisa Bunda lakukan misalnya mengajak anak memberi makan binatang peliharaan.

  11. Kecerdasan kinestetik tubuh
  12. Berkaitan dengan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan yang melibatkan tubuh misalnya menggambar, melompat, berlari, menari, senam dan sebagainya. Ajaklah anak menggambar dan menari untuk mempelajari hal ini.

  13. Kecerdasan moral.
  14. Kecerdasan moral bisa ditingkatkan dengan cara melatih anak Bunda untuk menjadi sopan, misalnya dengan membiasakan ia tersenyum, memberi salam, dan patuh terhadap aturan.

  15. Kecerdasan verbal linguistik
  16. Kecerdasan ini berhubungan dengan cara anak menceritakan kejadian. Cara melatihnya adalah dengan mengajak anak bercakap cakap, berbicara dengan orang tua, teman sepermainan, menceritakan dongeng, dan menyanyikan lagu anak – anak.

Kecerdasan majemuk ini bisa dikembangkan perlahan-lahan sesuai tahap perkembangan bayi. Misalnya, stimulasi untuk kecerdasan interpersonal bayi usia 3 bulan jelas berbeda dengan balita usia 2 tahun. Tapi, yang penting adalah memulainya sejak dini, sehingga tahap perkembangan bayi secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan kecerdasan si kecil pun dapat berkembang secara optimal.

Sumber:

http://health.kompas.com/read/2012/07/02/11494856/9.Kecerdasan.Anak.yang.Perlu.Diketahui.Orang.Tua

http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Terbaru/Terbaru/kecerdasan.majemuk.multiple.intelligences.dan.howard.gardner/001/007/498/3