Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Memilih Produk Bayi Yang Bagus Dan Penggunaanya

Memilih produk bayi yang bagus tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut bayi, tapi juga untuk menjaga kesehatan tubuhnya secara keseluruhan. Produk perawatan bayi yang mengandung bahan kimia berbahaya bisa berakibat negatif bagi kesehatan tubuh Si Kecil. Karena itu, pemilihan produk perawatan bayi yang aman bagi bayi adalah langkah pencegahan yang paling tepat.

Merk terkenal tidak selalu menjadi jaminan keamanan sebuah produk. Yang perlu Bunda lakukan adalah teliti memeriksa daftar bahan kimia produk yang tertera dalam kemasan produk. Maklum, efek paparan bahan kimia pada bayi dan anak-anak tidak sama dengan efeknya pada orang dewasa. Sistem tubuh yang belum matang dan belum bekerja sempurna membuat bayi dan anak-anak tidak memiliki kemampuan sebaik tubuh orang dewasa dalam melawan efek bahan kimia. Berikut ini adalah beberapa produk perawatan bayi yang paling sering dipakai dan hal yang perlu diperhatikan saat pemilihan dan penggunaannya:

  1. Sabun
    Sabun cair umumnya lebih praktis daripada sabun batangan. Pilihlah sabun cair bayi tanpa pewangi buatan dan pewarna sehingga beresiko lebih kecil menyebabkan alergi. Hindari pula penggunaan sabun antibakteri pada bayi, terutama yang menggunakan triclosan. Bahan kimia ini bisa mengakibatkan iritasi kulit, dan juga bisa berakibat negatif pada lingkungan. Usahakan juga untuk menghindari sabun yang mengandung ceteareth.
  1. Shampoo
    Aktivitas bayi tidak sebanyak orang dewasa. Karena itu, Bunda tidak perlu mencuci rambutnya setiap hari. Gunakan shampoo yang tidak pedih di mata dan terbuat dari bahan alami, misalnya Zwitsal Baby Product Baby Shampoo, baik dari varian Classic yang mengandung pelembab alami bunga canola ataupun varian Natural yang mengandung aloe vera, kemiri, dan seledri.
  1. Pelembab (lotion, baby oil, diaper cream, dll)
    Gunakan pelembab secukupnya, karena penggunaan yang berlebihan bisa memicu timbulnya biang keringat. Saat terbaik untuk menggunakan pelembab adalah setelah mandi. Selain itu, pemilihan produk yang tidak hanya melindungi tapi juga bisa mengatasi masalah kulit adalah pilihan yang tepat. Misalnya adalah Zwitsal Baby Cream yang mengandung bahan aktif Zinc yang tak hanya melindungi kulit bayi dari iritasi, tapi juga membantu mengatasi ruam popok.
  1. Pasta Gigi
    Anak di bawah usia 2 tahun atau anak yang belum bisa mengeluarkan bekas kumurnya saat menyikat gigi tidak perlu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pasta gigi yang digunakan juga secukupnya saja, yaitu sekitar ukuran biji jagung. Salah satu produk yang aman adalah Zwitsal Baby Product Baby Toothpaste yang mengandung kadar fluoride rendah dan aman bila tertelan dalam jumlah sedikit.
  1. Bedak Bayi
    Gunakan bedak bayi dengan hati-hati agar bedak tidak terhirup oleh bayi. Bedak yang terhirup bisa berbahaya bagi saluran pernafasan bayi yang belum sempurna. Hindari juga penggunaan bedak pada bagian selangkangan bayi. Bedak juga sebaiknya dioleskan pada kulit bayi yang telah dikeringkan, sehingga bedak tidak menghambat keluarnya keringat. Untuk mengatasi masalah biang keringat, Bunda bisa menggunakan Zwitsal Baby Powder dari rangkaian Zwitsal Baby Product Extra Care yang mengandung Zinc, sehingga membantu mengurangi dan meringankan biang keringat.

Teliti memilih produk bayi dan penggunaan yang tepat akan membantu Bunda menjaga kesehatan Si Kecil.

 

Sumber:

ewg.org/skindeep/top-tips-for-safer-products/

ylki.or.id/hati-hati-gunakan-produk-perawatan-bayi.html

bidanku.com/index.php?/tips-memilih-kosmetika-aman-untuk-bayi

life.viva.co.id/news/read/55514-memilih_produk_perawatan_kulit_bayi

Published on : Aug 13 2013