Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Manfaat Neurosains dengan Terapi Aroma

Manfaat Neurosains dengan Terapi Aroma
Jan 23 2014

Neurosains merupakan ilmu dasar yang mengkaji cara kerja serta fungsi pada sistem saraf dan otak manusia. Neurosains juga mempelajari berbagai malfungsi serta gangguan yang mungkin terjadi pada organ tersebut. Ruang lingkup bidang ilmu inisangat luas, dan salah satu yang dikajinya adalah sistem saraf yang berhubungan dengan indera penciuman. Saraf penciuman dikenal sebagai saraf olfaktori. Saraf ini merupakan reseptor utama yang memonitor asupan bauan yang dibawa udara masuk ke dalam sistem pernapasan. Saraf ini dapat membantu mengenali sesuatu atau zat melalui aroma yang dibawanya.

Terapi aroma merupakan stimulus olfaktori bagi indera penciuman yang akan berpengaruh besar pada performa otak anak. Stimulasi saraf olfaktori sangat perlu dilakukan sedini mungkin karena hal ini akan bermanfaat untuk merangsang area pengendali emosi di otak si kecil. Terapi aroma berdasarkan neurosains terapan pada saat ini dapat dilakukan melalui tahapan akhir dari rangkaian Zwitsal Baby Spa, yaitu memberikan keharuman pada si kecil melalui terapi aroma dengan bau harum. Dengan memberikan stimulasi aroma harum sedini mungkin pada si kecil, maka saraf-saraf di tubuhnya akan terstimulasi dengan baik. Hal ini akan membantu otaknya bekerja sempurna dalam mengatur keseimbangan tubuh dan emosi si kecil.

Terapi aroma dengan bau harum sedini mungkin sangat baik bagi perkembangan sensorik khususnya indera penciuman si kecil. Hal ini juga tentu dapat berpengaruh bagi kematangan saraf serta kecerdasannya. Stimulasi olfaktori dapat mencegah si kecil dari malfungsi organ dan meminimalisir kerusakan atau gangguan indera penciuman. Apabila tidak dirangsang, maka saraf indera penciuman si kecil tidak lebih peka dalam mengenali bauan dari aroma di sekelilingnya. Kelainan seperti penurunan nilai rasa bau, pengenalan yang salah pada bauan, persepsi abnormal, serta tidak dapat total membaui kemungkinannya sangat kecil terjadi apabila indera penciuman si kecil diberi stimulasi sedini mungkin. Jika indera penciumannya tidak berfungsi dengan baik, dikhawatirkan substansi dan bau yang berbahaya bagi tubuh si kecil tidak mampu direspon dengan baik oleh saraf olfaktorinya sehingga akan merugikan dan membahayakan si kecil.

Bunda bisa mengunjungi page www.zwitsal.co.id/baby-spa untuk mengetahui manfaat neurosains lainnya dari terapi ini. Yuk Bunda, stimulasi saraf olfaktori si kecil dengan Zwitsal Baby Spa setiap hari untuk memaksimalkan perkembangan indera penciumannya!

Sumber:

Hisyam, Aien. 2013. Panduan Lengkap Zwitsal Baby Spa. Jakarta: PT Unilever Indonesia.

Mark Mumenthaler,MD.,Heinrich Mattle,MD. (2004). NEUROLOGY 4th Edition. Thieme.

Zwitsal Baby Spa Fact Sheets, 19 November 2013.\