Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Aman

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Aman
Nov 27 2012

Bagi Bunda yang baru pertama kali memandikan si kecil, acara memandikan bayi bisa jadi rutinitas yang menakutkan. Padahal, Bunda tak perlu khawatir, kok. Walaupun awalnya memandikan bayi kecil yang tak bisa diam dengan sabun yang licin membuat Bunda merasa seperti sedang melakukan adegan sirkus yang penuh tantangan, tapi lama-kelamaan Bunda pasti akan bisa memandikan si kecil dengan terampil. Simak saja beberapa tips cara memandikan bayi baru lahir berikut ini demi keamanan si kecil saat mandi:

 

  1. Aturan pertama dalam cara memandikan bayi baru lahir yang harus selalu Bunda ingat adalah jangan pernah meninggalkan si kecil sendirian di dalam bak mandi tanpa pengawasan orang dewasa, karena bahkan air setinggi 2 cm pun berisiko membuat si kecil tenggelam.
  2. Siapkan seluruh keperluan mandi si kecil, seperti sabun, handuk, lap, dan lainnya sebelum mulai memandikan si kecil. Bila Bunda ingin mengambil sesuatu yang terlupa, bawa si kecil bersama Bunda agar Bunda tidak meninggalkannya sendiri di bak mandi.
  3. Tutupi keran dengan spons untuk menghindari bahaya terbentur.
  4. Tempelkan alas anti selip di dasar bak agar bak mandi tidak licin dan bayi tidak terpeleset.
  5. Periksa suhu air sebelum memasukkan si kecil ke dalamnya. Cara terbaik untuk mengecek suhu air adalah dengan cara mencelupkan siku Bunda ke dalam air. Bila air tidak terasa terlalu panas atau terlalu dingin, maka suhu air sudah aman untuk bayi. Penggunaan air hangat sangat penting untuk memberikan rasa nyaman pada bayi dan menjaga agar suhu air kurang lebih sama dengan suhu tubuh bayi, sehingga ia tidak merasa kedinginan.
  6. Hindari memandikan bayi setelah ia makan, terutama bila si kecil baru lahir, karena bayi yang baru lahir biasanya sedikit muntah setelah makan. Bila hal ini terjadi ketika ia sedang mandi, akhirnya Bunda harus memandikannya sekali lagi.
  7. Bila bayi Bunda sudah mulai belajar berdiri, ajari ia untuk tidak berdiri di dalam bak mandi.

Acara Mandi Ceria si kecil tak hanya membantu Bunda menjaga kebersihan tubuh si kecil, tapi juga memberi berbagai manfaat seperti membangun ikatan antara Bunda dan si kecil, membantu bayi tidur lebih nyenyak, dan lain-lain. Dengan cara memandikan bayi baru lahir yang aman dan tepat, Bunda pun bisa memberikan manfaat Mandi Ceria dengan maksimal pada si kecil.

Sumber:
www.essentialbaby.com.au