Bayi

Tips Mengajak si Kecil Berenang

Usia berapa sebaiknya baru mengajak bayi berenang?

Sebaiknya di atas usia 5 bulan. Di usia ini, kekebalan tubuhnya sudah lebih meningkat dan kepalanya sudah lebih tegak. Selain itu, antara usia 4-7 bulan merupakan waktu yang tepat untuk melatih koordinasi gerakan otot-otot tubuhnya. Di usia ini bayi juga masih memiliki reflek akuatik atau kemampuan untuk segera menarik napas sebelum menyentuh air. Yang penting lagi, pastikan si kecil dalam kondisi sehat.

 

Boleh langsung diajak berenang di kolam renang umum?

Tidak semua bayi langsung berani dan menyukai berada di dalam air, terutama di kolam yang jumlah airnya banyak. Coba membiasakan dan memperkenalkan dirinya pada air saat mandi. Ciptakan suasana bermain air yang menyenangkan dengan membawa mainan-mainan air yang ia sukai sambil mengajak si kecil bermain. Bisa juga mengajaknya main di kolam renang plastik di halaman rumah.

 

Kolam renang aman tidak sih buat bayi?

Pilih kolam renang yang kira-kira kandungan klorinnya rendah. Pilih juga kolam renang umum atau waktu yang tidak terlalu ramai karena kalau suasananya terlalu ramai akan memberikan si bayi banyak hal yang dapat membuatnya gelisah.

 

Bagaimana mengajari bayi berenang?

Lakukan secara bertahap, tidak perlu terburu-buru membawanya masuk ke dalam kolam. Mulailah dengan mengajaknya bermain di pinggir kolam. Ajak si kecil menikmati cipratan-cipratan air di tubuhnya. Bisa juga membawa salah satu mainan air kesukaannya yang biasanya ia bawa saat mandi. Keberaniannya akan muncul sedikit demi sedikit, kalau sudah siap, bunda bisa menggendongnya masuk ke dalam kolam.

 

Perlu kah membawa pelampung bayi?

Perlu, namun untuk pengenalan pertama kali pada kolam renang, si kecil tentu akan lebih merasa nyaman kalau digendong dan tetap dekat dengan bunda. Pelampung dapat digunakan bila si kecil sudah lebih nyaman dan terbiasa dengan kolam renang dan kegiatan berenang.

 

Berapa lama sebaiknya mengajak si kecil berenang?

Tidak perlu lama-lama. Cukup 5-10 menit saja agar tidak kedinginan atau menelan banyak air sehingga dapat menyebabkan ia sakit.

 

Sumber:
Ayahbunda.com

Kompas.com


ShareThis

 

 

 

Klik tombol tag untuk baca artikel yang berhubungan lainnya

Dian Sastro's Blog

Dian Sastro berbagi pengalaman pertamanya sebagai Ibu

Artikel Terkait

 

Apa itu Hypo-Allergenic?

Produk favorit bulan ini

Sabun cair dan shampoo 2-in-1 yang praktis.