Bayi

Kenali Apa Itu Ruam Popok di Kulit Bayi

Beberapa zat dalam kotoran air besar dan air  seni bayi cukup agresif dan dapat menyebabkan kemerahan pada kulitnya. Terlebih lagi, kulit pantat  mungkin menipis akibat lembab dan gesekan terhadap popok. Ini akan mengurangi kesehatan dan ketahanan kulit yang terkena lebih lanjut. Hasil akhirnya adalah dermatitis popok, atau yang sering disebut ruam popok. Awalnya memang muncul sebagai ruam merah kecil di kulit bayi. Kemudian berkembang  menjadi luka yang sangat menyakitkan bagi bayi bahkan memperluas infeksi jamur.

Ruam popok selain menganggu kenyamanan bayi Anda juga  dapat menimbulkan masalah serius. Namun dengan beberapa langkah sederhana, ruam popok dapat disembuhkan dalam beberapa hari. ruam popok dapat dicegah dengan perawatan yang tepat, seperti mengganti popok bayi secara teratur dan mengunakan Zwitsal Extra Care Baby Cream dengan kandungan  Zinc, sehingga ruam dapat dikurangi dan pemulihan pantat bayi pun menjadi lebih cepat.

Jika setelah tiga hari pengobatan tidak ada perubahan terhadap jumlah ruam, kemungkinan ruam ini diakibatkan oleh infeksi jamur. Bahkan dengan perawatan bayi yang tepat belum tentu ruam dapat disembuhkan dengan mudah. Infeksi jamur dapat dikenali dari bentuknya yang menyerupai pulau dengan campuran warna putih dan merah serta kulit bayi lembab pada sekitar ruam.

Biasanya infeksi jamur berlangsung lama bahkan menyebar. Apabila ruam popok tidak terobati dalam beberapa hari dan Bunda merasa si Kecil terkena infeksi segera hubungi dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan jenis ruam popok bayi.

ShareThis

 

 

Klik tombol tag untuk baca artikel yang berhubungan lainnya

Dian Sastro's Blog

Dian Sastro berbagi pengalaman pertamanya sebagai Ibu

Artikel Terkait

 

Apa itu Hypo-Allergenic?

Produk favorit bulan ini

Sabun cair dan shampoo 2-in-1 yang praktis.