Baby Spa Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak

9282155_s
Mar 24 2015

Salah satu tips yang sering diberikan kepada orang tua yang memiliki bayi kecil adalah: “Tidurlah ketika bayimu sedang tidur.” Inti tips ini adalah mendorong Bunda untuk menggunakan waktu tidur si kecil dengan bijak, yaitu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Tapi, kalau si kecil termasuk bayi yang susah tidur dan mudah terbangun, apa yang harus Bunda lakukan?

Kebutuhan bayi yang baru lahir sebenarnya sangat sederhana: tidur saat ia lelah, dan makan saat ia lapar. Tapi, perut kecil bayi memang cepat terisi dan cepat kosong lagi. Itu sebabnya ia merasa lapar tiap 2-4 jam sekali. Dan ketika ia merasa lapar, tidurnya pun jadi terganggu. Si kecil pun terbangun setiap beberapa jam sekali, bahkan di malam hari.

Walaupun begitu, Bunda sudah bisa mulai menunjukkan perbedaan rutinitas siang hari dan malam hari pada si kecil. Caranya, saat si kecil tidur di siang hari, biarkan ia tidur di ruangan yang terang. Sebaliknya, saat ia tidur di malam hari, atur penerangan kamar menjadi agak gelap. Selain itu, buat rutinitas sebelum tidur untuk si kecil. Misalnya, memandikan si kecil dengan air hangat, melakukan pijat bayi, serta memakaikan piyama atau pakaian yang nyaman sebelum ia tidur. Bila dilakukan secara rutin, ia akan mengenali pola tersebut sebagai tanda bahwa waktu tidurnya sudah datang. Ia pun akan tidur dengan lebih mudah.

Zwitsal Baby Spa di rumah sebelum tidur merupakan salah satu rutinitas sebelum tidur yang bisa Bunda lakukan untuk membantu si kecil tidur lebih mudah. Apalagi pijat bayi  memang terbukti membantu si kecil tidur lebih nyenyak. Menurut Dr. Tiffany Field dari Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine, pijat bayi sebelum tidur lebih efektif untuk menidurkan bayi dibandingkan menggendong sambil mengayun-ayunkannya. Penelitian lain juga menyatakan bahwa pemijatan membantu produksi hormon melatonin yang penting untuk membantu pembentukan pola tidur bayi.

Jadi, coba saja lakukan Zwitsal Baby Spa di rumah secara rutin untuk membantu si kecil tidur lebih nyenyak di malam hari. Langkah-langkah untuk melakukan baby spa di rumah bisa Bunda pelajari di http://www.zwitsal.co.id/baby-spa ya. Selamat mencoba!

Sumber:

http://www.essentialbaby.com.au/baby/baby-stages-of-development/newborn-babies-and-sleep-20080506-2biq.html

http://www.bellybelly.com.au/baby/baby-massage-infant-massage#.UwXTiM7DUYI