Bergabung bersama zwitsal

Yuk, daftarkan diri Bunda untuk mendapatkan informasi kami

  • Artikel dari
    Para Ahli

  • Personalisasi
    Konten Bunda

  • Penawaran
    Menarik

×

Pentingnya Kasih Sayang Ayah untuk Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Kasih Sayang Ayah untuk Tumbuh Kembang Anak
Nov 21 2014

Peran kasih sayang Bunda dalam tumbuh kembang bayi, baik secara psikologis maupun secara fisik, memang tak bisa disangkal. Salah satu manfaat kasih sayang Bunda pada perkembangan otak bayi dibuktikan oleh para ahli neuroscience dari Washington University School of Medicine di St. Louis. Penelitian menunjukkan bahwa anak usia sekolah yang mendapatkan pengasuhan penuh kasih sayang dari ibunya pada masa bayi memiliki bagian hippocampus otak yang lebih besar dibandingkan anak lainnya. Bagian otak ini merupakan bagian penting untuk proses belajar, daya ingat, serta respon anak terhadap stres. Lalu, bagaimana dengan peran kasih sayang Ayah bagi perkembangan anak?

Peran kasih sayang Ayah bagi tumbuh kembang anak tentu tak kalah signifikan dengan peran kasih sayang Bunda. Bayi yang mendapatkan curahan kasih sayang dari Ayahnya, misalnya bayi yang mendapat respon cepat dari sang Ayah ketika menangis, akan merasa lebih nyaman dan percaya diri saat mengeksplorasi lingkungannya. Tentu saja, bayi yang mengeksplorasi lingkungannya memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan stimulasi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi.

Kasih sayang yang Ayah tunjukkan pada bayi tak hanya berpengaruh positif pada tumbuh kembang bayi, tapi juga pada perkembangan psikologis serta kemampuan kognitif anak. Berbagai studi menemukan bahwa pengasuhan aktif dari Ayah pada bayi diasosiasikan dengan kemampuan verbal yang lebih baik serta prestasi akademis yang lebih tinggi ketika si kecil tumbuh dewasa. Sebaliknya, penelitian yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Review menyatakan bahwa anak yang merasa mendapatkan penolakan dari ayahnya sejak kecil cenderung tumbuh menjadi anak yang tidak percaya diri, kasar, dan agresif.

Karena itulah, Ayah dan Bunda harus saling percaya satu sama lain untuk mengasuh si kecil. Kedua orang tua punya peran besar dalam tumbuh kembang bayi hingga ia dewasa, sehingga kerja sama Ayah dan Bunda dalam pengasuhan si kecil tentu sangat penting. Bunda harus mendukung Ayah untuk berpartisipasi dalam pengasuhan si kecil, sedangkan Ayah tak perlu ragu untuk menunjukkan kasih sayang Ayah pada si kecil. Kasih sayang hangat dari kedua orang tua pun menjadi dasar untuk tumbuh kembang optimal anak, baik secara fisik, psikologis, maupun kognitif.

Sumber:
www.essentialbaby.com.au